Jumat, 11 Desember 2009
Shaft Seal
Semua jenis Compressor untuk sistem Ac mobil merupakan Compressor jenis terbuka, yaitu motor penggerak terletak diluar dan dihubungkan dengan Compressor melalui sistem transmisi belt dan pulley. Oleh sebab itu, Compressor ini dilengkapi dengan Shaft seal yang berfungsi untuk mencegah Refrigerant keluar melalui poros penggerak/compressor shaft. Komponen penyekat Refrigerant pada poros ini sebenarnya terdiri dari 2 bagian yaitu Shaft seal dan Seal plate. Terdapat 2 jenis Shaft seal yaitu Mechanical seal dan Lip seal. Kebocoran Refrigerant bisa terjadi melalui komponen ini, oleh sebab itu pemeriksaan secara rutin pada daerah ini sangat direkomendasikan. Melalui komponen ini pula kebocoran Refrigerant secara perlahan terjadi yang menyebabkan Refrigerant berkurang didalam sistem.
R134a dan R12
Dilihat dari awal penggunaan Freon R134a dan karateristik yang membedakan Freon R134a dengan R12, sbb:
Pada tahun 1985-1988 dipublikasikan tentang ditemukannya fenomena perusakan lapisan ozon yang salah satunya disebabkan oleh penggunaan freon (refrigerant) R12 pada sistem AC Mobil. Dari sini berkembang untuk mengatur penggunaan dan jadwal produksinya sehingga semaksimal mungkin tidak lagi menggunakan freon R12 pada mobil-mobil yang diproduksi sejak 1989, maka dibuatlah freon pengganti R12 tadi, yaitu R134a dengan tetap memiliki sifat yang sama dengan R12 yaitu antara lain:
- Merupakan senyawa kimia utama yang stabil untuk membawa panas dan tidak mudah terbakar.
- Memiliki karakteristik tidak berbau, tidak berwarna dan tidak bersifat korosif juga tidak beracun.
Pada freon R134a dibuat agar seminimal mungkin tidak menipiskan lapisan ozon